Kisah Sang Call Center
Seputar Call Center
Google.com/mjsenandung |
Call Center, siapa yang tidak kenal istilah ini? Jika kamu mengetik kata kunci di pencarian google, maka akan banyak artikel dan tulisan yang membahas mengenai Call Center. Lalu, apa yang dimksud Call Center?
Call Center atau pusat panggilan merupakan suatu kantor informasi yang berpusat dan digunakan untuk tujuan menerima dan mengirimkan sejumlah besar permintaan melalui telpon. Saat ini layanan Call Center menjadi wadah informasi bagi setiap customer, dan fungsi utama layanan call center untuk menjawab kebutuhan informasi setiap pelanggan atau customer. Selain itu, call center juga dapat digunakan sebagai telemarketing, client telpon dan debt collection pun dapat dilakukan.
Saat ini hampir setiap perusahaan memiiki layanan call center, karena itu sudah menjadi kebutuhan baik bagi perusahaan dan juga customer, dan merupakan hal yang mutlak dilakukan oleh sebuah perusahaan guna mendukung layanan terhadap customer.
Tipe call center ada dua jenis, yaitu inbond dan outbound. Panggilan inbound merupakan panggilan masuk yang dilakukan oleh pelanggan untuk melakukan pengaduan, menanyakan informasi, melaporkan kejanggalan atau meminta bantuan. Sedangkan panggilan outbound merupakan panggilan keluar yang dibuat oleh agent untuk suatu usaha penjualan atau layanan bantuan secara individual.
Apakah menjadi agent call center itu mudah? Awalnya aku pikir sangat mudah, hanya duduk di kursi, menghadap komputer, menggunakan Headset, dan berbincang dengan pelanggan melalui telpon. Tapi ternyata tidak semudah itu, Ferguso. Banyak yang harus dilalui sebelum menjadi Agent. Diantaranya yaitu training, tendem, dan lain-lain. Belum lagi aplikasi yang harus digunakan tidak hanya satu, bisa sampai lima bahkan lebih.
Menjadi seorang Agent Call Center banyak sekali tantangannya, ada suka maupun duka. Pelanggan yang ditelpon pun memiliki tipe yang berbeda-beda, tentunya cara menghadapinya pun berbeda. Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran yang besar.
Lalu apa saja proses dan tahapan menjadi seorang agent call center? Bagaimana suka dan dukanya?
(bersambung)
Bagus tulisannya. Semangat yaa ^^
BalasHapusHehe makasih ka
HapusMakasih infonya. Lanjutkanπ€
BalasHapusHehe oke ka
HapusMantap kak #semangat
BalasHapusSemangat juga ka
Hapusselamat kak sudah menyelesaikan tantangan menulis.
BalasHapusmgkn bs dpaparkan scr singkat istilah2 yg mgkn tdk d pahami masy awam misalnya, tendem.
semoga bs dteruskan ya kak sambungannya biar bisa membuka wawasan pembaca, :)
πππ
HapusSiap ka, nanti untuk istilah2 itu akan dijelaskan secara rinci, di postingan selanjutnya πππ
Wahh, jadi penasaraan bacaan selanjutnya π
BalasHapusπππ
HapusDitunggu y ka
Di tunggu sambungannya kak...
BalasHapusOk ka
HapusLanjutkan...
BalasHapusAku menunggu info selanjutnya.. Lanjut kak.. semangat
BalasHapusTerimakasih infonya kakπ
BalasHapusSamakah call center dengan customer service?
BalasHapusUntuk tugasnya masih sama kak, yaitu melayani pelanggan (keluhan, informasi, dll)
HapusHanya saja kalau Call Center hanya melalui telpon, sedangkan cs bisa melalui telpon dan tatap muka