Menentukan Niche Blog

Marketing91.com
Sebetulnya mengetahui blog sudah lama. Bahkan beberapa kali membuat blog, namun dihapus kembali karena beberapa hal. Salah satunya karena jarang diisi tulisan dan vakum selama beberapa tahun. Namun karena memang suka sekali membaca, biasanya suka searching blog orang.

Ternyata saat dibuka, setiap blog memiliki tema tersendiri. Ada yang kumpulan cerpen, puisi, cerita horor. Juga ada yang traveling, kuliner, beauty, dan lain-lain. Namun belum tahu itu disebut apa.

Sampai akhirnya aku memutuskan untuk aktif kembali di blog dan nekat ikut One Day One Post (ODOP). Setelah lulus, lalu ikut kelas lanjutan. Awalnya mau masuk ke kelas fiksi, namun karena takut tidak bisa mengikuti jadwal yang ditetapkan, akhirnya pindah ke kelas nonfiksi.

Di kelas nonfiksi, pekan pertama kami mendapatkan materi tentang niche blog yang disampaikan oleh Mbak Rindang Yuliani.

Apa itu Niche Blog?

Seperti yang disampaikan oleh Mbak Rindang di kelas Nonfiksi, Niche blog adalah tema atau topik yang menjadi fokus utama bloger dalam menyajikan konten di blog. Niche blog ini sangat penting, maksimal setiap blog memiliki 3 topik. Banyak Niche yang biasa digunakan oleh para bloger. Ada traveling, kuliner, health, beauty, crafting & DIY, marketing, tutorial, komputer dan lain-lain.

Bagaimana cara menentukan Niche Blog?


Masih kata Mbak Rindang, agar lebih mudah untuk menentukan Niche Blog kita bisa menjawab beberapa atau semua pertanyaan di bawah ini. Jawaban yang paling banyak atau sering muncul, maka itulah topik yang paling cocok untuk ditulis dalam blog kita.

Pertanyaan itu adalah sebagai berikut:
✅ Apa sesuatu yang mudah bagimu?
✅ Apa sesuatu yang paling kamu nikmati?
✅ Apa yang dikatakan orang-orang kamu bagus dalam melakukannya?
✅ Pikirkan rutinitas keseharian, apa kegiatan yang paling kamu tunggu-tunggu?
✅ Apa kegiatan yang paling tidak pernah membuat kamu bosan?
✅ Apa hal yang selalu muncul dalam hidupmu sejak bertahun-tahun yang lalu?
✅ Klub/forum/kelompok/organisasi apa yang kamu  ikuti?
✅ Apa hard skill yang kamu miliki?
✅ Apa soft skill yang kamu miliki?
✅Apa pencapaian yang pernah kamu dapatkan?
✅ Apa pujian yang pernah kamu dapatkan dari orang lain?

Lalu, Niche blog apa yang ditentukan?

Sebetulnya menentukan Niche Blog ini sama ketika memilih antara fiksi dan nonfiksi. Terlihat mudah, namun ternyata sulit. Sampai sekarang, blogku masih gado-gado. Menulis sesuai mood atau yang terlintas dalam pikiran. Jadi belum tahu harus memilih Niche apa.

Ingin menulis traveling, gak pernah jalan-jalan. Kuliner, gak suka makan-makan. Beauty, gak terlalu suka make-up. Health, gak terlalu paham. Fashion, biasa aja. Lalu harus apa?

Setelah diingat-ingat, aku memiliki buku yang belum dibaca atau sudah dibaca namun belum pernah direview. Aku juga lagi suka menonton film dan web series di youtube. Akhirnya kepikiran, bagaimana jika isi blognya tentang review? Tapi juga ingin menulis artikel, featur. Bingung jadinya.

Sebetulnya bisa saja sih, karena kan maksimal tiga. Namun takut tidak sesuai, jadi hal ini masih dipertimbangkan. Mungkin satu bulan ke depan akan coba menulis dulu, untuk mengetahui dimana cenderung tulisan yang aku buat. Semoga bisa cepat menemukan niche yang cocok.

#OneDayOnePost
#ODOPBatch7
#kelasnonfiksi

Komentar

  1. Mantap dan bagus ulasannya kakakku, ajari dong
    #semangat

    BalasHapus
  2. Yang penting konsisten menulis dulu kak. Nanti niche bisa menyesuaikan

    BalasHapus
  3. Allright, masih oanjang perjuangan. Dan ada orang yang menelurkan buku berdasarkan apa yang telah dibaca.

    BalasHapus
  4. Ulasan Niche yang bagus kakak, saya jd semakin baham apa itu niche blog

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku : Pesan-Pesan Cinta Untukmu

Sahabatku

Selamat Ulang Tahun Keponakanku