Sang Pencerdas Generasi

"Sukses itu direncanakan"
–Walimin (PJ ODOP Batch 7)


Namanya adalah Walimin, seorang yang memiliki nama pena sesuai dengan aslinya. Lahir di Klaten pada tanggal 28 September 1977, dari pasangan yang sangat luar biasa. Ayahnya bernama Yotowiryono yang diusianya 92 tahun masih kuat pergi ke sawah, dan ibunya bernama Partinah yang saat ini masih kuat berjalan dan berjualan sayur ke pasar meski usianya sudah 95 tahun. Beliau merupakan anak bungsu dari lima bersaudara.

Beliau menempuh pendidikan tingkat dasar di SDN Pakahan II pada tahun 1984 sampai 1990. Dilanjutkan di SMP Negeri Jogonalan dari tahun 1990 sampai dengan 1993. Sedangkan tingkat STLA, beliau lanjutkan di SMEA 1 Klaten tahun 1993 sampai 1996. Setelah lulus, tidak langsung melanjutkan ke perguruan tinggi karena masalah biaya.

Namun ternyata takdir berkata lain, di tahun 2003 mendapatkan beasiswa dari Kemenag. Saat itu beliau sedang mengajar di salah satu MTs (Madrasah Tsanawiyah). Tanpa membuang kesempatan, dengan berbekal beasiswa beliau melanjutkan pendidikan di IAIN Walisongo Semarang tahun 2003 sampai 2006. Kemudian melanjutkan kembali pendidikan pada tahun 2015 sampai 2017 di Pascasarjana IAIN Surakarta.

Selain pendidikan formal, beliau juga menempuh pendidikan Non-formal. Diantaranya D1 Komputer tahun 1996, Pondok Pesantren Salafiyah Kyai Ageng Selo, Tulung, Klaten tahun 1998 sampai dengan 2008, dan English Course EF (English First) pada tahun 2013.

Beliau memiliki harapan untuk mendidik siswa dan keluarga ke jalan yang diridai Allah. Oleh karena itu beliau mengabdikan diri menjadi seorang pengajar. Pada tahun 2001 sampai 2008 mengajar di MTs. Dan saat ini mengajar di salah satu sekolah di tempat kelahirannya. Yaitu di  SDI PK Muhammadiyah Delanggu, Klaten sebagai guru PAI (Pendidikan Agama Islam).

Perjalanan hidup beliau tak selalu mulus, banyak kendala yang harus dihadapi. Seperti masih belum bisa mengendalikan diri, anak bungsu beliau yang belum bisa berbicara, dan lain-lain. Namun beliau tak pernah patah semangat dan selalu bersabar dalam menghadapi segalanya. Beliau pun terus berkarya, salah satu karyanya yaitu Buku solo tentang petunjuk praktik mengelola sekolah.

Beliau adalah lulusan ODOP Batch 5. Saat ini menjadi PJ ODOP Batch 7, khususnya Grup Kairo. Selain sharing kepenulisan, beliaulah yang merekap laporan anggota. Meskipun sibuk mengajar, membimbing, memantau beberapa grup dan kegiatan lain, beliau selalu mengirimkan rekapitulasi laporan ke grup setiap harinya.

Bapak dua anak ini sangat luar biasa. Semoga Allah selalu melindungi beliau dan keluarga, serta dimudahkan segala urusannya.
Jika ingin mengetahui lebih dalam tentang beliau bisa di cek blog pribadinya Walimin.wordpress.com

#OneDayOnePost
#OdopBatch7
#GrupKairo
#TantanganPekan8
#Biografi

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku : Pesan-Pesan Cinta Untukmu

Sahabatku

Selamat Ulang Tahun Keponakanku