Sejengkal jadi Sehasta

Iyakan.net
Ada yang pernah mendengar pribahasa "Sejengkal jadi sehasta"? Atau dalam bahasa sunda "Sajengkal jadi sadepa".

Pribahasa ini memiliki makna yaitu perkara kecil yang dibesar-besarkan.

Hal ini bukanlah hal aneh dalam kehidupan. Baik kehidupan nyata, maya, atau yang lebih parahnya di dunia keartisan. Mungkin teman-teman pernah mengalami di posisi tersebut.

Jika tinggal di kampung atau desa, mungkin hal seperti ini sudah biasa. Ketika ada berita sedikit saja, maka akan menjadi besar, besar, dan semakin membesar. Awalnya hanya satu orang yang tahu, lalu dua orang, kemudian satu kampung bahkan sampai ke kampung tetangga.

Di kampung, sangat sulit menyimpan sebuah rahasia. Karena, jika satu orang tahu, maka semuanya pasti tahu. 

Biasanya yang paling menjengkelkan, tidak pernah ada konfirmasi ke pihak terkait. Yang penting ada bahan gosip, tidak peduli berita itu benar atau tidak. Kadang ketika menceritakan kembali kepada orang lain, setiap orang memiliki versi tersendiri. Sehingga ketika sampai kepada orang terakhir, ceritanya beragam. Ada yang biasa, berkurang, lebih parahnya bertambah.

Saat kamu berkunjung ke kampung atau pedesaan, jangan heran jika di depan beberapa rumah ada ibu-ibu yang sedang berkumpul.

Sebenarnya, tidak apa jika kita menyampaikan suatu berita kepada orang lain. Asalkan, berita yang disampaikan adalah betul dan sudah dikonfirmasi kepada pihak terkait. Kemudiam, pihak tersebut mempersilahkan jika kita menyampaikan beritanya kepada orang lain. Tapi jika tidak, jangan sampai kita menceritakan. Itu namanya tanpa ijin. Apalagi jika yang disampaikan adalah kejelekan orang lain.

Yang harus dilakukan adalah berhati-hati. Apalagi jika seseorang telah mempercayai kita untuk menyimpan rahasianya, jangan sampai dibocorkan. Jika ingin melakukan, maka coba pertimbangkan. Bagaimana jika kamu berada diposisi tersebut? Apa yang kamu rasakan?

Atau contoh kecil, jika kamu ingin mencubit seseorang, maka cubit dulu dirimu. Apa yang kamu rasakan? Sakit? Itulah yang akan orang lain rasakan.

Segala sesuatu pasti ada balasannya. Janganlah melakukan sesuatu yang tidak ingin orang lain melakukannya kepadamu.

#OneDayOnePost
#ODOPBatch7
#NonFiksi

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku : Pesan-Pesan Cinta Untukmu

Sahabatku

Selamat Ulang Tahun Keponakanku